Keindahan Pulau Jawa beserta potensi-potensi di dalamnya

Saya Rendy Pratama Putra Mahasiswa IM Telkom Jurusan Administrasi Niaga, akan berbagi pengalaman tentang pulau jawa.

Pagi itu sangat cerah,kami sudah bersiap dengan perbekalan yang sudah disiapkan untuk diperjalanan maupun di tempat tujuan, kami mempunyai suatu tujuan mengenal kopi-kopi di pulau jawa. Kami bergegas pukul 07.00 WIB pagi dari kota bandung menyusuri jalur selatan pulau jawa, pada saat itu kebetulan jalan di daerah cileunyi macet total, dengan berat hati kami pun melewati jalan alternative wado ,melewati kota sumedang yang tembus di kota garut daerah malangbong.

Setelah melewati daerah garut dan tasikmalaya kami pun tiba di kota ciamis manjing dinamis, disini tim kami mengalami sebuah insiden kecil yaitu mobil kami di tabrak oleh pengendara motor di daerah cijeunjing ciamis,kebetulan daerah itu daerah kampung halaman saya jadi seluruh permasalahan dapat cepat di selesaikan dengan cara kekeluargaan,setelah selesai semua kami mengalami shock atas kejadian ini yang memakasa kami untuk beristirahat di salah satu pom bensin di daerah banjar, sambil menenangkan diri kami pun menyantap makan siang yang sudah di bawa dari bandung, kami semua melakukan brifing untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya, kami semua melanjutkan perjalanan kembali menuju perbatasan JABAR-JATENG daerah banjar dan majenang.

Pada pukul 16.00 WIB kami tiba diperbatasan kedua provinsi tersebut, kami melewati beberapa kota seperti majenang, karangpucung, banyumas, kebumen, kutoarjo itu memakan waktu yang cukup lama. Pada pukul 24.00 WIB kami tiba di kota Jogjakarta, kami semua beristirahat di sebuah tempat yang cukup nyaman, kota jogja ini menjadi persinggahan ke dua kami sebelum melanjutkan perjalanan ke jawa timur, disini kami beristrirahat makan, dan kami menemukan secangkir kopi, wahhh rasanya bahagia sekali setelah diperjalanan tidak ditemukan kopi nu “eucreug” disana kami bersantai sambil bercanda untuk menghilangkan ketegangan, pada pukul 01.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke jawa timur melewati beberapa kota- kota lainya seperti Klaten, Solo, Magetan, Madiun, Nganjuk, Kediri, hingga pukul 05.30 WIB kami tiba di kabupaten malang Jawa Timur, tujuan kami adalah singgah di sebuah hotel yang sudah di siapkan di kota malang oleh pihak sponsor.

Diperjalan kami melewati sebuah kota yang bernama kota batu, disini sangat banyak sekali wisata-wisata yang di sediakan oleh pemkot setempat, kota batu ini sangat indah, sejuk dan bersih orangnya ramah-ramah sekali, setelah melewati kota batu kami tiba di kota malang pada pukul 08.00 WIB. Setelah tiba kami semua mandi sarapan dan istirahat untuk jalan-jalan di kota malang pada sore hari nanti. Pada pukul 14.00 WIB kami mulai bermain di kota malang awalnya kami semua bermain gokart di salah satu mall di kota malang, setelah itu kami semua melakuan kuliner di kota malang, saya menemukan kopi java yang sangat unik di malang ini, setelah itu kami semua beranjak ke kota batu, kami bermain di alun-alun kota batu, wahh sangat bagus sekali ini kota,bersih indah dan rapih saya jujur sangat betah di kota malang ini, setelah bermain di alun-alun kota batu kami semua beranjak ke sebuah arena bermain yang bernama BNS (Batu Night Square) , awalnya saya mengira DUFAN pindah ke sini,, wahh malang mempunyai arena seperti ini,,dalam hati saya berbisik Bandung kalah braaayyy….. hehehe.

Pada pukul 21.00 WIB kami semua kembali ke hotel,untuk bersiap-siap pergi ke gunung bromo pada rabu dinihari nya, kami semua beristirahat tidur sejenak sebelum nanti subuh bergegas ke gunung bromo,,TENG tepat pukul 01.00 WIB dini hari kami semua bergegas,jarak kota malang menuju gunung bromo cukup jauh dan memakan waktu sekitar 3 Jam, cuaca pada saat itu hujan deras kami ragu untuk ke bromo,namun dengan niat yang besar akhirnya kami berangkat, tiba di gerbang gunung bromo yaitu pukul 04.30 WIB disini kami melalakukan negoisasi untuk menyewa mobl jeep yang akan membawa kami naik ke puncak/padang pasir gunung bromo.

Jarak dari gerbang menuju puncak yaitu sejauh 20 KM, diperjalanan kami ada kendala yang cukup serius yaitu adanya pohon tumbang yang terpaksa memberhentikan laju kendaraan kami, disini kami terisolasi menununggu bantuan dari pos penjagaan gunung bromo, setelah menunggu 30 menit akhirnya petugas datang untuk menyingkirkan pohon tumbang tersebut,dan perjalan kami pun di lanjutkan kembali, sebelum ke padang pasir gunung bromo kami di ajak dulu oleh guide nya ke sebuah tempat untuk melihat sun rise, namun sayang cuaca sedang tidak bersahabat pada saat itu kami pun tidak bisa melihat keindahaan sun rise gunung bromo, akhirnya kami turun ke padang pasir yang berjarak sekitar 7 KM dengan jalan yang cukup terjal yang tidak memungkin mobil biasa untuk lewat, akhirnya pada pukul 06.30 kami tiba di gunung bromo,,,dan kami menyambutnya dengan Morning Bromo Mountain …is very very beautiful thank god atas ciptaanmu di dunia ini, rasa lelah langsung hilang setelah kami melihat seluruh keindahaan di sekitar bromo, kami disini hanya 3 jam setelah menunggu teman-teman kami yang menaiki puncak gunung bromo tersebut.

Sambil menunggu teman-teman yang sedang mendaki puncak bromo, saya nakal-nakal mencari sebuah warung yang menawarkan kopi asli daerah bromo, wow sangat mantap sekali di dalam cuaca yang begitu extrim dingin nya saya menemukan kopi bromo (Masih sejenis java coffee) bertipe Arabica java sangat mantap dan rasanya ingin hidup 1000 tahun lagi.

Dari kesimpulan perjalanan ini, kami tidak hanya main-main begitu saja, kami mendapatkan sebuah ilmu berbagai macam jenis kopi di pulau jawa ini, selain itu sejumlah coffee shop di daerah jawa timur ini sangat banyak jadi memudahkan para coffee lovers untuk memilih, dengan desain yang berbeda-beda, selain itu kami menjadi tahu keaslian dan keindahan alam raya Indonesia yang begitu sangat sempurna menurut saya ! Dan saya sangat berterima kasih kepada pihak sponsor yang telah membiaya segala perjalanan dan aktivitas kami mulai dari hotel, makan, serta uang saku yang telah diberikan semua,terima kasih juga kepada bapak Alex dari pihak perusahaan yang dari awal diberikan nya proposal hingga cair nya sebuah kunjungan dan penelitian kopi ini, insya allah tahun depan kami akan menjelajahi segi tiga emas kopi Indonesia di pulau sumatera yaitu kota Lampung, Bengkulu, serta jambi . mudah-mudahan pihak sponsor tidak kapok memberi apresiasi terhadap kami yang ingin memajukan kopi asli Indonesia yang sangat terkenal itu ! hehehe I’ll be there !