Rendy dan Stadion Siliwangi Bandung !

Saya Rendy Pratama Putra mahasiswa Institut Manajemen Telkom jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008, seorang bobotoh persib sejak kecil, Judul diatas sangat sangat erat dan berkaitan disini yang berbicara adalah sebuah sejarah telah mencatat saya pribadi dengan para bobotoh lain yang dulu sempat merasakan atmosfir nonton persib di stadion siliwangi bandung, stadion siliwangi tidak bisa dilepaskan dari bobotoh persib sejak era dulu hingga era sekarang, saya pribadi banyak suka duka nya dengan stadion kebanggan kota bandung ini, saya akan sedikit bercerita perta kali saya bias menonton bola secara langsung adalah di stadion siliwangi, pada saat itu umur saya baru 3 tahun, pada saat itu saya masih didampingi oleh orang tua dan saudara sauadara saya dalam menonton bola langsung ke stadion, beranjak remaja saya pun mulai menonton berasma teman-teman saya, disini segala pengalaman telah dicoba dari mulai hujan-hujanan, panas-panasan hingga bentrok dengan aparat polisi yang berjaga di stadion, selain itu di stadion ini lah saya mengajak teman-teman saya untuk menonton bola secara langsung mereka tidak terbiasa dengan atmosfir di stadion, tapi seiring berjalan nya waktu mereka menjadi ketagihan menonton bola, selain itu stadion siliwangi juga pernah mencatat perjalanan asmara saya dengan seorang wanita pada jaman SMA,pada saat itu saya pertama kalinya membawa kekasih ke stadion siliwangi, saya memilih tribun samping utara waktu persib melawan persikota tangerang dan hasilnya kalah, tidak hanya itu saya pun pernah menjadi calo tiket persib di stadion siliwangi, kegiatan ini saya lakukan secara diam-diam hanya teman teman dekat saja yang tahu saya menjadi calo ( lumayan buat tambah-tambah uang jajan) heheheh.

DSCN0261

DSCN0211 DSCN1544

Stadion Siliwangi yang berada di Jln. Lombok bandung, saat berdirinya memang lebih diperuntukkan bagi pembinaan jasmani anggota Kodam/III Siliwangi. Hal tersebut karena memang Stadion Siliwangi adalah milik Kodam III/Siliwangi, bukan milik Pemprov Jabar atau Pemkot Bandung. Seiring belum dimilikinya stadion yang lebih representatif di Kota Bandung untuk menggelar kegiatan olahraga yang besar, stadion dengan kapasitas sekitar 25.000 penonton tersebut seolah identik dengan kandang Persib Bandung. Bintang-bintang Persib, seperti Adjat Sudradjat, Iwan Sunarya, Robby Darwis, dan sebagian besar pemain Persib lainnya, sempat menjalani penggodokan dengan menggunakan fasilitas Stadion Siliwangi. Tak salah pula ada pemeo yang mengatakan, “Jangan pernah merasa menjadi bobotoh bila belum pernah menonton secara langsung ‘Sang Maung’ di Stadion Siliwangi”.

Sayang memang keberadaan stadion kebanggaan warga Bandung, saat ini semakin surut dibanggakan. Terutama jika dilihat fasilitas yang tidak pernah berubah. Penggunaan green carpet yang telah menyejajarkan Stadion Siliwangi dengan Stadion Senayan Jakarta (sekarang Gelora Bung Karno) dan Stadion Tambak Sari Surabaya yang kala itu menjadi stadion termegah di Indonesia, pun mulai surut. Tentu saja hal ini disebabkan oleh perawatan yang tidak/kurang diperhatikan. Karena berdasarkan perencanaan PT Propelat, kondisi lapangan akan selalu dalam kondisi prima bila dalam waktu 10 tahun harus digemburkan kembali. Dan karena hingga saat ini tanah di lapangan belum pernah digemburkan kembali, maka sangat wajar bila kondisi lapangan Siliwangi saat ini selalu tergenang air bila hujan.
Mulai bulan April 2011, pihak pengelola stadion melakukan renovasi stadion. Renovasi ini cukup signifikan karena akan menambah kapasitas stadion dari 25.000 menjadi 26.500 penonton. Semua bangku penonton juga akan dirombak demi peningkatan fasilitas stadion. Pengelola stadion belum bisa memastikan kapan perbaikan ini selesai dilakukan.

Stadion penuh kenangan, stadion angker bagi lawan-lawan yang bertanding di stadion ini, tidak bias dilupakan hingga kapn pun ! Hidup Persib……Hidup Bandung….Hidup sepak bola Indonesia !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s