The Second Hiking Maribaya Experience

DSC_0207

Saya Rendy Pratama Putra, seorang pemerhati kota bandung sekaligus pecinta kopi, persib bandung dan band legendaris The Rolling Stones akan sedikit menceritakan pengalaman melakukan perjalanan hiking Dago Pakar (TAHURA) Ke Maribaya Lembang.

Minggu 17 februari 2013 kemarin, saya dan teman-teman kampus Agung, Dian, Ryan, Agil, Gromy, melakukan hiking ke maribaya melalui Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda . ini benar-benar perjalanan yang menyenangkan, kita bisa berolahraga sambil menikmati keindahan hutan (HIKING), perjalanan ini ditempuh sekitar 3 jam dari gerbang TAHURA hingga air terjun maribaya lembang, sepanjang 5 KM, tapi kami memulai perjalanan dari daerah Awiligar dibelakang jalan pahlawan bandung, jadi total perjalanan menempuh sekitar 12 KM. Wooow sehaaaat bila ini di lakukan secara rutin, bayangkan saja kita bisa keluar keringat sekaligus menghirup udara segar asli tanpa membeli oksigen hahahah

DSC_0126

DSC_0131

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman dengan jenis Pinus (Pinus merkusil) yang terletak di Sub-DAS Cikapundung, DAS Citarum yang membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai Maribaya yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari, menjadikan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sangat baik sebagai lokasi pariwisata alam dan juga sebagai sarana tempat untuk pengembangan pendidikan lingkungan.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung, memiliki latar belakang sejarah yang erat kaitannya dengan zaman purba hingga sekarang. Secara geologis daerah ini mengalami perubahan yang disebabkan oleh gejolak alam dalam kurun waktu pembentukan alam semesta.
Sebelum kita memasuki TAHURA kita akan melewati pos penjagaan yang diharuskan membeli tiket, ada 3 pos di tahura ini, khusus pejalan kaki atau yang melakukan hiking biasanya melewati pos 3, untuk pos 1 dan pos 2 biasanya diperuntukan untuk pengendara yang membawa kendaraan karena disana ada lahan untuk parkir. Untuk masuk ke TAHURA ini kita dikenakan biaya Rp.7500 dan asuransi Rp.500 jadi total yang harus dibayarkan nya sejumlah Rp.8000 saja cukup murah meriah tapi banyak manfaatnya.

pintu-gerbang1

Dari dago pakar kita jalan ke Maribaya, untuk bisa ke Maribaya kita harus melalui Gua Belanda dulu. Sebelum ke gua belanda kita akan melewati juga gua jepang, konon di gua ini dulunya bekas penjara serta penampungan orang-orang romusa pada saat jaman jepang, setelah melewati gua jepang kita nanti di depan akan menemukan gua belanda, kita harus masuk dulu ke gua belanda untuk menuju maribaya, gua sepanjang 150 meter ini sangat gelap dan dingin, hawa-hawa mistis mulai terasa disini.

229_DAGO_PAKAR_JAPANESE_CAVE_1b

DSC_0166

DSC_0179

DSC_0171

DSC_0177

Setelah keluar dari gua kita akan menemukan tukang ojeg yang siap mengantarkan ke maribaya, yaa kita niat nya memang mau olah raga jadi harus jalan kaki sepanjang 5 KM, sepanjang perjalanan kita sering bertemu dengan orang lewat, yang menggunakan sepeda ataupun hiking seperti rombongan kita juga, di tengah perjalanan kita udah ngah ngeh ngoh alias ngos ngosan. kita ngaso dulu di saung sambil makan sebagian bekal makanan kita. Kita juga melewati sebuah jembatan yang berada tepat di bawah patahan lembang, patahan lembang itu sendiri merupakan salah satu lajur sumber gempa bumi aktif naik. Patahan jenis ini berpotensi menimbulkan bencana gempa bumi, Kenampakan tektonik morfologi pada dan sekitar jalur patahan mengindikasikan bahwa patahan ini bergerak aktif pada Zaman Kuarter dan kemungkinan besar aktivitasnya masih terus berlangsung sampai Zaman Holosen, bahkan sampai sekarang. Dari panjang patahan dapat diperkirakan bahwa patahan ini berpotensi untuk menghasilkan gempa berkekuatan antara 6 sampai dengan 7 skala Richter.

DSC_0248

DSC_0203

DSC_0240

Setelah melalui sebuah jembatan yang tepat dibawah patahan lembang, kita mulai memasuki area maribaya yang tidak jauh disana ada air terjun yang sangat indah. Maribaya sendiri berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik yang menjadi sumber kehebohan bagi kaum laki-laki. Maribaya memang merupakan salah satu objek wisata andalan bagi pemda Kabupaten Bandung. Objek wisata ini dulu terkenal dengan pemandaian air panasnya, namun belakangan ini jadi tenggelam setelah objek wisata pemadian air panas Sari Ater – Subang di buka. Lokasi wisata Sari Ater jauh lebih strategis karena berada di jalan raya Bandung-Subang. Pengunjung tak perlu repot-repot sengaja masuk ke jalur wisata dan melewati Pasar Lembang yang semrawut, seperti jika hendak mengunjungi Maribaya.

Selain sebagai tempat wisata pemandian air panas, dilokasi ini juga terdapat air terjun yang cukup besar. Curug Omas, dengan ketinggian kurang lebih 30 meter nampaknya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesana. Adanya fasilitas dua jembatan pengamat dari sisi bagian atas dan bawah juga memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk bisa lebih leluasa menikmati air terjun tanpa perlu takut menjadi basah.

DSC_0264

DSC_0068

Secara keseluruhan, dari pengamatan saya, objek wisata Maribaya nampaknya lebih banyak dikunjungi sebagai objek wisata air terjun daripada objek wisata pemandian air panas. Memang masih terdapat pengunjung yang memanfaatkan air panas yang ada di objek wisata ini sebagai salah satu pengobatan alternatif terhadap beberapa jenis penyakit, namun bila dilihat secara sekilas, pengunjung yang datang cenderung lebih menikmati pesona air terjun atau bersantai-santai dibawah rindangnya pepohonan.

DSC_0271

Pagi itu, aku menyempatkan diri mengunjungimu
meski hanya sesaat aku dapat menikmatinya
pesona air terjun yang deras
pesona pepohonan yang lebat

Maribaya, pesona alammu
tak kalah dengan yang lain
aku akan menyimpan dalam ingatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s