Dog Tag Military

2013-03-04 17.42.22

Saya Rendy Pratama Putra, seorang pemerhati kota bandung sekaligus pecinta kopi, persib bandung dan band legendaris The Rolling Stones akan sedikit mendeskrispikan mengenai Dog Tag (kalung militer yang biasa dipake oleh para tentara amerika yang tewas dalam medan perang), saya sedikit menyukai barang-barang army, tapi tidak sebegitu jauh karena lumayan mahal untuk mengkoleksi semua, mulai dari sepatu, tas, hingga peralatan perang lainnya hehehehe

Sudah pada tahu istilah untuk kalung yang bertuliskan identitas pemiliknya? ini sering disebut DOG TAG yang biasa digunakan oleh army untuk identitas mereka. Pertama kali digunakan oleh tentara dalam perang vietnam sebagai identitas mereka apabila meninggal di medan pertempuran, sehingga apabila mayat mereka diketemukan akan diketahui identitasnya.

DOG TAG aslinya berisi tentang identitas diri dari si pemakainya antara lain nama lengkap, Nomor Registrasi Personel , kesatuan, golongan darah dan agama. Namun, adakalanya isi dari DOG TAG ini berupa nomor jaminan sosial, nama keluarga, nama panggilan, tanggal lahir, golongan darah dan kesatuan di mana dia berasal.

DSCN1905

Dalam perkembangannya DOG TAG ini mengalami perubahan-perubahan di sana-sini, baik dari segi bentuk ataupun jumlah. Awalnya, hal ini di mulai pada masa perang sipil di Amerika yang terjadi antara tahun 1861 – 1865. Sejumlah prajurit menuliskan nama dan alamatnya di bagian belakang mantel mereka dan sebagian lagi menggoreskannya di ikat pinggang mereka yang terbuat dari kulit.

DSC05482

Begitu banyak sejarah peperangan yang ada di dunia, dari perang dunia 1 dan 2, perang Vietnam dan lainnya telah membawa perubahan pada jumlah, isi dan bentuk dari DOG TAG. Dari yang semula berjumlah 1 keping logam menjadi 2, bentuknya yang semula bundar menjadi persegi panjang semi bulat dan isi dari DOG TAG tersebut juga sudah mengalami perubahan meskipun intinya sama yaitu memberikan informasi si pemilik DOG TAG tersebut.

DSCN0745

Sekarang, tidak hanya para anggota militer saja yang mengenakan DOG TAG karena DOG TAG sudah menjadi aksesoris umum atau pelengkap dalam gaya berbusana (fashion) terutama bagi orang-orang yang menggemari nuansa militer (ARMY-Look), suka mendaki gunung, menjelajahi rimba atau hutan.
Jadi kalo ilang dan ditemukan sudah tak bernyawa, memudahkan tim evakuasi untuk mengetahui identitas orang tersebut. hayoooohh loohh …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s