KOPI WAMENA

festival_budaya_baliemSaya Rendy Pratama Putra seorang pecinta kopi yang amatiran dan  sedang mencoba belajar untuk menjadi profesional, kali ini kita akan membahas mengenai kopi wamena, menarik bukan ? let’s go…

Wamena sendiri merupakan daerah yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, tepatnya Lembah Baliem dan merupakan Ibukota Kabupaten dari Jayawijaya. Kota wamena hanya dapat dijangkau melalui pesawat udara berukuran sedang dari bandara Sentani, Jayapura dalam waktu kurang lebih 45 menit. Iklim di Wamena sangat dingin, yaitu antara 15-20 derajat celsius dengan berada pada ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut.

Kopi Arabika Wamena merupakan kopi organik yang tumbuh secara alami tanpa pupuk kimia yang menjadi salah satu kopi terbaik dunia. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu pahit.

HMS-Kopi-Papua-300x225

IMG_7630

Kopi Wamena termasuk jenis arabika bermutu tinggi dimana setiap pohonnya dapat mulai dipetik setelah berumur antara 2,5-3 tahun dengan produktifitas sekitar 2-3 kg perpohon. Luas kebun kopi Wamena diperkirakan mencapai 12.000 hektar dan setiap tahunnya terus bertambah seiring permintaan yang terus bertambah pula bai dari dalam maupun dari luar negeri.

Dalam penanaman kopi ini, tidak menggunakan pupuk kimia, pestisida dan herbisida, karena itu, kopi Wamena dikenal sebagai kopi organik berkualitas tinggi yang dapat diminum oleh semua orang. Meski dalam pengolahannya masih terbilang tradisional, namun para petani sangat memperhatikan kualitas dari kopi tersebut, salah satunya dengan hanya memtik buah kopi yang sudah matang.

Abraham, a coffee farmer picks up Arabica coffee fruit in Wouma village in Wamena valley of the the Indonesia's Papua province

Karena cita rasanya yang khas, kopi ini sangat digemari hingga mancanegara, seperti Amerika dan negara Asia lainnya. Oleh sebab itu, saat ini kopi Wamena menjadi unggulan ekspor daerah bahkan menjadi penopang utama merek Starbucks. Ini yang membuat kopi organik yang berasal dari dataran tinggi Wamena ini mempunyai kualitas tinggi dan sangat diminati pasar luar negeri. Melalui koperasi, biji kopi organik dikirim ke Starbucks Corporation. Ekspor perdananya dilakukan 2008 lalu.

BelikopiWamena

Bergeraknya ekonomi kopi Wamen melahirkan petani-pengusaha sukses yang cukup berhasil, salah satunya adalah Ubertus Marian dengan usaha kopi Wamenanya yang telah dimulai sejak 1980-an. Pelopor kopi Wamena ini berani menjamin bahwa kopinya tidak kalah dibandingkan kopi manapun.

png-arabika

Berkah kopi Wamena ini pantas disyukuri oleh masyarakat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) setempat serta bangsa dan negara Indonesia. hal ini dikarenakan dengan bergeraknya ekonomi kopi Wamena, berarti menggerakkan perekonomian masyarakat Papua, khususnya Wamena.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s