Caffe Latte !

03 - caffe latte

Saya Rendy Pratama Putra seorang pecinta kopi yang amatiran dan  sedang mencoba belajar untuk menjadi profesional, kali ini kita akan membahas mengenai Caffe Latte, menarik bukan ? let’s go…

Latte atau Caffè latte (Bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1. Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin.

Ia merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karenanya meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut.

Lama-kelamaan Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai “caffè latte”.

012 34761880 - Whooila.com

cafe-latte1

Ketika itu, ia menyajikan caffè latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir. Kini, caffè latte disajikan dalam cangkir dan diperindah dengan sentuhan seni (Art of Latte).

Salah satu faktor penting sebuah latte adalah kualitas frothing susu yang fungsinya adalah untuk meningkatkan dan memperkuat rasa kopi, bukan sebaliknya.

images.php

latte-art

Jadi bukanlah latte kalau rasa susunya lebih dominan dibandingkan dengan kopinya, atau kopi dengan sedikit rasa susu.

coopers-300

Untuk mencapai kriteria tersebut tentunya diperlukan sebuah mesin espresso yang bertenaga agar proses frothing benar-benar menghasilkan busa halus atau micro foam dalam susunya, selain keterampilan teknis si barista tentunya.

Berikut tahapan pembuatan café latte :

  • Menggiling dan mengekstraksi kopi untuk melihat kadar kualitas kopi. Setelah itu kopi mengalami proses dosing di mana kopi ditakar sebanyak 14-16 gram tiap porta. Kopi yang telah ditakar diratakan di porta untuk dimasukkan di mesin espresso.
  • Tahap kedua ini kopi mulai di olah dalam mesin espresso. Ada tiga tahap dalam pengolahan mesin espresso ini. Yang pertama adalah proses cleaning atau pembersihan mesin espresso. Yang kedua adalah memasukkan kopi yang ada dalam porta ke mesin espresso. Ketiga adalah extraction. Lamanya proses extraction ini tergantung dari proses blended dari kopi itu sendiri, biasanya kurang lebih selama 20 detik.
  • Proses yang ketiga untuk membuat coffee latte adalah steming milk. Suhu yang diperlukan untuk steming milk adalah 55ºC sampai 65ºC, tetapi biasanya para barista menggunakan suhu 60ºC untuk meghasilkan steaming milk yang baik. Proses steaming milk ini sendiri terdiri dari dua proses. Yang pertama adalah streching (proses pembuatan foam ± 3 detik ) dan rolling (proses menghaluskan foam).
  • Tahap terakhir dari pembuatan coffee latte adalah proses pouring atau proses pencampuran antara espresso dan susu. Selama proses inilah art of coffee dibuat. Secara basic ada tiga jenis art of coffee yaitu love, rosetta, dan tulip. Pembuatan lukisan kopi ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

latte

Semoga Bermanfaat !

Sumber : Diambil dari berbagai media serta pengetahuan dan pengalaman saya pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s