Fenomena Mudik Hanya Ada Di Indonesia

0824458620X310Saya Rendy Pratama Putra seorang pemerhati kota bandung, sekaligus bobotoh persib serta pecinta kopi dan band legendaris the rolling stones akan membahas mengenai fenomena yang terjadi di masyarakat kita mengenai tradisi budaya mudik lebaran yang hanya ada di Negara Indonesia, well…. Cekidot bro…..

Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik berasal dari bahasa jawa “Mulih Dhisik” yang artinya pulang dulu.Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Ada juga yang mengatakan Mudik diambil dari kata “udik” yang berati kampung atau jauh dari kota. entah sejak kapan tradisi mudik pulang kampung di indonesia dimulai. Budaya mudik adalah suatu nilai sosial positif bagi masyarakat Indonesia, karena dengan mudik berarti masyarakat masih menjunjung nilai silaturahmi antara keluarga.

Mudik
Acara mudik khususnya menjelang lebaran bukan hanya menjadi milik umat muslim yang akan merayakan idul fitri bersama keluarga, namun telah menjadi milik “masyarakat indonesia” seluruhnya.

mudik-lebaran

Suasana mudik itu identik dengan macet-macetan di jalan, abring-abringan, seseleket, manggul kardus, konvoi motor hingga mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah bahkan perusahaan-perusahaan dijadikan sebgai ajang untuk promosi. Inilah yang menjadi Beban yang paling berat yang dihadapi dalam mudik adalah penyediaan sistem transportasinya karena secara bersamaan jumlah masyarakat menggunakan angkutan umum atau kendaraan melalui jaringan jalan yang ada sehingga sering mengakibatkan penumpang/pemakai perjalanan menghadapi kemacetan, penundaan perjalanan.

 mudik

mudik-motor-heboh (1)

Selain untuk bersilaturahmi, mudik juga digunakan sebagai momen untuk menunjukkan sebuah eksistensi para pemudik kepada orang lain. Dengan bertemu sanak keluarga, mereka bisa menunjukkan sampai sejauh mana hasil jerih payah mencapai taraf hidup di perantauan. meskipun ajang “pamer” ini cenderung berdampak negatif. para perantau rela menghamburkan tabungannya, jerih payahnya selama di rantau untuk menunjukkan “keberhasilan” kepada keluarga dan tetangga. tak heran dealer handphone,  dan motor/mobil bahkan pegadaian sangat laris menjelang hari lebaran.

 Sepi_Ditinggal_Mudik748852792646480

kenyataannya ketika fenomena mudik terjadi, meskipun Bandung bukan satu-satunya kota yang ditinggalkan, tetapi tetap saja Bandung menjadi poros terbesar terjadinya mobilitas arus mudik ke pelosok penjuru indonesia, dari mulai menuju jawa tengah,jawa timur, bali,sulawesi,sumatra,kalimantan bahkan irian. bisa dibayangkan betapa sesak nya kota Bandung ketika hampir 70 Persen penduduk dari Bandung beramai ramai bermobilisasi kesegala penjuru, dan terjadi kepadatan di sepanjang jalan-jalan utama antar propinsi.

tips-mudik-dengan-menggunakan-mobil-pribadi-2

 SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, SEMOGA SAMPAI DI TUJUAN DENGAN SELAMAT 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s