SELAMAT ULANG TAHUN KOTA BANDUNG KE-204 !

OLYMPUS DIGITAL CAMERASaya rendy pratama putra, warga asli bandung yang cinta dengan kota bandung, saya seorang pemerhati kota bandung yang senang memberi kritik serta solusi dan aksi nyata kepada kota bandung, pecinta kopi, bobotoh persib, saya lahir di bandung seluruh pendidikan saya di selesaikan di kota bandung, hingga tulisan ini diturunkan saya berusia 24 tahun.

bandung fun map

PETA BANDUNG

Hari ini tanggal 25 September 2014, kota Bandung berusia 204 tahun, Kota Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota ini pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java (bahasa Belanda) atau “Paris dari Jawa”. Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata.

 

 

 

Perkembangan kota Bandung makin lama makin pesat dan meluas. Sebelumnya Bandung telah memborong 5 fungsi kota, yakni sebagai kota pemerintahan, perdagangan, industri, kebudayaan, pariwisata. Seiring perkembangannya, Bandung kini tengah mengembangkan diri menjadi kota jasa.

taman-lansia1

TAMAN LANSIA

11816310593_cf75dbeda4

TAMAN VANDA (BANK BI)

Taman-Fotografi

TAMAN FOTOGRAFI

2014-01-05-07-07-22

CIBEUNYING PARK

 

 

 

 

 

2065240

TAMAN PASUPATI / TAMAN JOMBLO

 

Bandung saat ini telah berubah banyak, ditangan walikota bandung ridwan kamil kota bandung sedang bebenah dalam segala hal, dari mulai perbaikan generasi manusia yang ada di bandung, tata kota di tata lebih baik, penegakan peraturan, pembangunan taman-taman tematik, perbaikan pelayanan publik, perbaikan transportasi, hingga perbaikan jalan yang sangat cepat dengan program URC (Unit Reaksi Cepat)

Banyak hal baru yang hadir di kota tercinta ini, di usia ke 204 tahun ini bandung telah menjelma menjadi kota yang sehat yang layak dihuni oleh masyarakat kota pada umum nya di dunia, banyak program-program pemerintah kota bandung yang berkolaborasi langsung dengan masyarakatnya, misalnya gerakan pungut sampah, gerakan satu juta lubang biopori, gerakan jumat bersepeda, hal ini bertujuan untuk membuat budaya baru di masyarakat agar menjadi masyarakat yang peduli akan lingkungan.

140623_PW_gerakan+pungut+sampah+GPS+(385)

GERAKAN PUNGUT SAMPAH (GPS)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

JUMAT BERSEPEDA

bikin-biopori_1

GERAKAN SEJUTA BIOPORI

Selain berkolaborasi dengan masyarakat, di bandung pun hadir beberapa layanan fasilitas publik seperti WiFi gratis 5000 titik, taman-taman tematik yang membuat orang betah berinteraksi di luar ruangan, bus bandros (double decker), trotoar berstandar internasional dan masih banyak yang lainnya.

news_11914_1391605877

WiFi GRATIS

275324_620

BUS WISATA BANDROS

picture-383

TROTOAR JALAN SUMATERA

url

TROTOAR JALAN ACEH

 

Bandung pun berencana membuat BANDUNG TEKNOPOLIS di kawasan gede bage, bandung timur. Wacana Bandung Teknopolis adalah daerah Gedebage ini harus dihidupkan, termasuk pemindahan pemerintahan Kota Bandung ke Gedebage. Tujuannya adalah memperkuat arah pembangunan yang lebih seimbang. pertimbangan untuk memindahkan pusat kota ke Gedebage adalah untuk membagi beban derita kota. Sekarang semua urusan mulai dari hiburan, wisata, hingga pemerintahan terpusat di kota lama. Selain itu di bandung akan di bangun sky walk, cable car dan monorel ini upaya pemerintah kota bandung membangun kota bandung terutama di pembangunan transportasi masal.

15042012_Investasi_Kereta_Gantungcable_carrencana-rute-cable-car-bandung70monorel_bandung

OLYMPUS DIGITAL CAMERATeknopolis 3

 

 

Banyak perubahan positif setahun terakhir di kota bandung ini yang saya rasakan sebagai penulis, saya menulis ini survey selama 1 minggu dengan berjalan-jalan dikota bandung dengan jalan kaki, dengan bersepeda dan menggunakan transportasi umum, agar lebih valid menilai kota yang saya cintai ini.

Harapan saya di usia bandung yang ke 204 ini adalah sebagai orang bandung asli, yang lahir, besar dan sekolah di bandung, harapan nya adalah jadikanlah bandung sebagai green city, dimana nantinya sungai-sungai di bandung menjadi bersih, kalo masalah taman kota saya rasa cukup yakin akan lebih baik sampai saat ini sudah dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan kegiatan positif,. selain green city, harapan lainya nya adalah masalah keamanan yang tentunya tugas dari kepolisian agar lebih diperhatikan lagi keamanan di kota bandung.

cheonggyecheoncheonggyecheon-waterway

jasa-keamananKeamanan 24 Jam

 

Tapi untuk menjadikan Bandung lebih baik, Pemkot Bandung tidak bisa bergerak sendiri. Harus ada pihak lain yang dilibatkan agar berbagai program bisa terlaksana. Kalau mau sukses (menata Kota Bandung) harus ada kerja sama yang baik antara Pemkot Bandung, dunia pendidikan, swasta, dan masyarakat. Empat komponen itu harus dilibatkan.

Selamat ulang tahun bandung yang ke 204, semoga kota nya semakin romantis, indah dan layak huni oleh masyarakat dunia dengan kebudayaan lokal yang sangat tinggi di kota tercinta ini, semoga bandung juara benar adanya, juara segalanya !!!

 

SELAMAT ULANG TAHUN BANDUNG, WILUJENG TEPANG TAUN BANDUNG, HAPPY BIRTHDAY BANDUNG !!

 

*Sumber tulisan ini hasil survey penulis, serta beberapa artikel yang penulis baca

*Gambar dan Foto di ambil dari beberap sumber, serta foto saya pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s